Rekomendasi 5 Destinasi Wisata Pilihan di Ponorogo Ini Cocok Banget

Mendapat Julukan Kota Reog, Kabupaten Ponorogo tentu sudah dikenal banyak orang karena sejarah dan budayanya bahkan kesenian reognya pun sudah mendunia.

Ditambah, Ponorogo juga menyandang gelar bumi santri, lantaran disana terdapat sebuah pondok pesantren terbesar di Indonesia yang bernama pondok Darussalam Gontor.Meskipun demikian, pariwisata di Ponorogo juga tak kalah menarik dengan budaya dan tradisinya, mulai dari wisata alam hingga religi dapat ditemukan di kabupaten Ponorogo

Berikut 5 destinasi wisata Ponorogo yang dijamin akan membuat pengunjung betah untuk liburan lebih lama.

1. Tumpak Lego Hill

Tumpak Lego Hill berada di jalan raya Ngrayun-Bungkal, Kecamatan Ngrayun Ponorogo.

Wisata ini merupakan objek wisata yang menyajikan pemandangan alam pegunungan yang masih asri dan menenangkan karena jauh dari keramaian kota.

Hal tersebut menjadikan Tumpak Lego Hill sebagai salah satu destinasi yang cocok dikunjungi untuk refreshing.Dikelilingi panorama hutan pinus yang lebat berpadu dengan sejuknya udara dibawah pepohonan akan membuat pengunjung betah.

Berbagai spot foto yang bervariasi dan instagramable juga diharapkan akan menambah waktu berwisata lebih lama.Akses menuju kawasan wisata tidak sulit lantaran lokasinya berada tepat di pinggir jalan raya penghubung Kecamatan Ngrayun.

Adapun biaya untuk memasuki area wisata saat ini masih gratis dengan jam buka mulai pukul 9 pagi hingga 10 malam.

2. Telaga Ngebel

Telaga Ngebel merupakan salah satu destinasi wisata terpopuler dan paling banyak dikunjungi wisatawan luar di Ponorogo.Hal tersebut tentu karena Telaga Ngebel menyuguhkan ketenangan dan keindahan telaga yang dikelilingi dengan hutan pinus.

Berlokasi di desa Ngrogung, Kecamatan Ngebel dengan luas sekitar 150 hektar atau 5x dari Telaga Sarangan.Telaga ini berposisi di lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 734 mdpl yang membuat kawasan ini selalu diselimuti udara sejuk sekitar 20°C.

Pengunjung dapat bersantai di pinggir atau menyusuri telaga menggunakan perahu, bus air ataupun speedboat tentu dengan harga sewa yang beragam.Seperti Rp 75 ribu untuk paket sewa speedboat melalui tengah telaga sekali putaran, hingga paket komplit Rp 160 sekali putaran jalur tengah dan tepi telaga.

Adapun tiket masuk bagi pengunjung yang ingin menikmati kawasan wisata ini adalah sebesar Rp 15 ribu.

3. Taman Bukit Soeharto

Presiden Kedua Republik Indonesia atau Bapak Soeharto pernah melakukan kunjungan kesebuah desa di Ponorogo dan melakukan penghijauan bersama warga setempat.

Area tersebut sekarang telah dikenal sebagai Taman Bukit Soeharto yang merupakan objek wisata perbukitan hijau dengan taman dan pepohonan yang rimbun.Sebagai balas jasa, warga juga membangun berbagai monumen dan patung terutama presiden kedua RI.Beralamat di Desa Biting, Kecamatan Badegan, Ponorogo, Bukit Soeharto menawarkan sederet keindahan alam yang memukau.

Mulai dari sungai yang jernih, perbukitan lapang dengan view pegunungan serta hutan pinus di sekitar kawasan wisata.Beberapa fasilitas pendukung yang telah disediakan pengelola antara lain gazebo, rest area, area parkir, toilet, sentra kuliner dan food court, toko souvenir serta taman bermain anak.

Adapun jam buka objek wisata ini adalah mulai pukul 8 pagi hingga 10 malam.

4. Taman wisata Ngembag

Taman Wisata Ngembag Ponorogo merupakan objek wisata yang terkenal dengan pemandangan alam mempesona yang dipadukan dengan udara yang sejuk.WIsata ini, juga sering dijadikan destinasi pilihan wisata bagi orang-orang yang ingin mendekatkan diri ke alam.

Berlokasi di Desa Ronowijayan, Kecamatan Siman, Taman Wisata Ngembag juga tersedia berbagai wahana permainan menarik dan seru dari yang untuk anak-anak hingga dewasa.Nilai tambahnya, datang dari pemandangan air terjun dan kebun bunga yang menyejukkan mata.Bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata ini perlu merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per orang dengan jam operasional mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Adapun beberapa fasilitas penunjang lainnya antara lain area parkir, toilet, serta warung makanan atau food court.

5. Taman Selawang

Taman selawang merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan alam Ponorogo yang asri dengan udara yang masih sejuk.Wisata ini, beralamat di Desa Duri Kecamatan Slahung atau berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Ponorogo.Pengunjung yang ingin memasuki destinasi wisata ini tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiket yang dijual adalah sebesar Rp 5 ribu per orang.

Berbagai spot menarik mulai dari taman bunga, taman kincir angin, wahana bermain anak, kolam renang, hingga gazebo yang dapat digunakan pengunjung untuk bersantai menikmati pemandangan alam serta menambah koleksi foto instagramable.Akses menuju ke tempat wisata ini juga tidak sulit karena lokasinya dekat jalan raya dan dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *